Home » » Tentang Dept. Nalar dan Intelektual

Tentang Dept. Nalar dan Intelektual

Written By Unknown on Selasa, 11 September 2012 | 23.07


Nalar dan Intelektual (biasa disebut nadin) adalah sebuah nama dari salah satu Departemen di HIMATA-BR, pada periode sekarang (2011-2013) Departemen ini dikepalai oleh saudara Ressky Agassy. Departemen ini bertanggung jawab atas kadar intelektual dari anggota. Untuk menjalankan fungsinya Departemen Nalar dan Intelektual mempunyai sebuah PROKER (PROgram KERja) yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan yang dapat menunjang tugasnya tersebut.

Beberapa PROKER dari Departemen Nalar dan Intelek tual adalah sebagai berikut:

1.  Diskusi Reguler 
Diskusi Reguler adalah nama dari kegiatan diskusi rutin yang diadakan setiap hari minggu dan berselang dengan acara Bedah Film di sekretariat HIMATA-BR, kegiatan ini pun dapat berpindah lokasi di kediaman salah satu anggota apabila anggota tersebut berkenan menyediakan tempat untuk kegiatan ini. Dari segi fungsi kegiatan ini dimaksudkan agar melatih wawasan dan spontanitas nalar anggota dalam berargumen yang diharapkan akan berujung kepada meningkatnya kualitas wacana dari setiap anggota.
Pada baru-baru ini kegiatan diskusi reguler dikembangkan dengan adanya Diskusi Online pada blog ini, diskusi online ini terbentuk bukan berdasarkan PROKER namun hanya sebatas inisiatif anggota yang memanfaatkan PROKER dari Departemen Komunikasi yaitu pengadaan Blog.

2.  Bedah Film
Sama halnya dengan Diskusi Reguler kegiatan Bedah film ini diadakan setiap hari Minggu namun berselang dengan kegiatan Diskusi Reguler, fungsinya pun hampir sama dengan Diskusi Reguler hanya saja kegiatan ini membahas topik dari film-film yang diputar.

3.  Pengadaan Perpustakaan
Pengadaan Perpustakaan ini bertempat di sekretariat HIMATA-BR, kegiatan ini bertujuan untuk meninggkatkan minat membaca kepada anggota, karena dengan adanya fasilitas perpustakaan di sekretariat HIMATA-BR otomatis dapat memudahkan anggota dalam mencari buku-buku yang ingin dibacanya. Namun masih terdapat beberapa kendala untuk memaksimalkan kegiatan ini beberapa di antaranya yaitu terbatasnya buku-buku serta ruangan pada sekretariat HIMATA-BR, terapi walaupun mempunyai kendala seakan-akan kendala tersebut tidak begitu berpengaruh dalam kegiatan ini kerena melihat minat membaca dari anggota yang begitu besar.

Kegiatan-kegiatan ini lah yang tertera pada PROKER Nalar dan Intelektual, mengingat ada beberapa kegiatan dari Departemen lain yang berfokus kepada masyarakat Tangerang maka Departemen Nalar dan Intelektual merubah fokusnya dari Masyarakat Tangerang kepada Anggota HIMATA-BR.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info HIMATA-BR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger